Thursday, May 10, 2012

Kreativitas Dari Negeri Kincir Angin


Belanda seringkali menghasilkan suatu ide dan desain produk yang berbeda dengan negara lain. dari para arsitek jebolan negeri kincir Belanda bahwa seni dan ilmu arsitektur bukanlah sesuatu hal yang sepele. Saya bisa bilang bahwa mereka berusaha dengan sungguh untuk mewujudkan kreatifitas dan mimpi mereka dari pemikiran ke penggenapan di dunia nyata. Ini adalah hal yang perlu diacungi jempol bahkan menjadi teladan karena inipun bukanlah hal baru bagi mereka, mereka sudah melakukan banyak hal yang bermanfaat dan karya seni yang luar biasa jauh lebih lama.


Prinsip mengembangkan inovasi orang-orang Belanda yang bisa membawa mahakarya besar di bidang arsitektur dan teknologi. “…carilah maka kamu akan mendapat…” (Mat 7:7)

Seluruh dunia sudah mengakuinya dan saya jadi belajar bahwa inovasi dan seni itu bisa digabungkan dan tujuan utama dari lahirnya sebuah inovasi adalah untuk memudahkan manusia dalam menjalani kehidupan-kehidupannya.


A. De Rotterdam (The Vertical City)
De Rotterdam sering kali disebut-sebut sebagai Vertical City (Kota Vertikal), karena memiliki konsep menghadirkan fasilitas layaknya sebuah kota seperti: perkantoran, apartemen, hotel, gimnasium, pertokoan, kafe, jalur transportasi, pusat perdagangan, tempat rekreasi dan lain sebagainya di dalam tiga buah menara raksasa dengan tinggi total 150 meter dan memiliki luas kotor wilayah hingga 160,000 meter persegi. Lokasi dari projek De Rotterdam ini persis di sebelah jembatan Erasmus yang menjadi ikon jembatan di Belanda dan distrik pelabuhan Wilhelminapier.



Projek The Vertical City ini adalah projek pertama di dunia yang dipimpin dan diarsiteki oleh arsitek terkemuka dari negara Belanda Meneer Rem Koolhaas bersama partnernya yaitu: Victor van de Chijs, Ellen van Loon, Shohei shigetmasu dan Reinier de Graaf.



B. The Innovation Projects by Waterstudio
Waterstudio dibentuk oleh seorang arsitek muda berbakat Belanda bernama Koen Olthuis, dengan konsep inovasi khas Belanda yaitu bangunan-bangunan di atas air. Pemuda berbakat ini tidak takut dalam menemukan inovasi teknologi dan arsitektur untuk membuat kehidupan dari tanah yang sebelumnya tidak bisa ditinggali. Semua ide-ide dan desain arsitektur yang bisa membuat orang berdecak kagum mempunyai kapasitas yang sama yaitu berada di atas air, mulai dari kompleks perumahan, restoran, terminal perahu (cruise terminal) bahkan sampai masjid pun dibuat mengambang di atas air. Hal ini tentu menarik perhatian orang-orang di Belanda maupun di belahan dunia lain seperti Saudi Arabia maupun Uni-Emirat Arab.


-The Citadel-
Apartemen mengambang pertama di dunia, yang dibangun di Belanda pada Desember 2010.




-Floating Mosque-
Mesjid yang berada di atas air ini didesain spesial untuk dibangun di Uni-Emirat Arab pada Maret 2011.





-Floating Cruiseterminal-
Dutch Docklands akan menjadi klien dari hasil karya Waterstudio dan realisasinya akan ada di tahun 2014


Anak muda bisa berprestasi asalkan ada keberanian untuk belajar, berpikir, dan melakukan sesuatu yang baru. Tekad menentukan keberhasilan dari seseorang. Jika orang Belanda baik muda maupun tua bisa menciptakan inovasi yang diakui di dunia, mengapa kita orang Indonesia tidak bisa? kejarlah mimpi hingga Negeri Van Oranje.. !! 


Referensi :




signature

0 reflection:

Post a Comment