Saturday, May 28, 2016

Pesan Dibalik Film Finding Nemo

Menemukan sebuah dokumen mengenai film "Finding Nemo", artikel ini pernah kugunakan sebagai pembelajaran siswa kelas 1-2 SD.

1.Belajar Bersosialisasi
Dalam masa tumbuh kembang,  anak dilatih untuk bersosialisasi agar mengenal banyak hal di luar lingkungan terdekatnya. Seperti yang dialami Marlin, saat mencoba melindungi Nemo. Mau tak mau, Marlin harus belajar bersosialisasi dengan kehidupan di luar dan mendapatkan banyak pengalaman. Hal ini juga yang bisa kamu tanamkan pada anak. Bahwa anak harus bisa beradaptasi dengan lingkungan baru dan tidak terus menurus dalam zona aman seperti di rumah. Dengan mengeksplorasi lingkungan di luar rumah, anak akan belajar berempati dan berbagi dengan teman.  
                                             
2. Tanggung Jawab
Adegan demi adegan dalam film Finding Nemo secara tidak langsung mengajarkan anak untuk belajar bertanggung jawab sejak dini. Kamu bisa menjelaskan hal sederhana, Bu, misal tentang kedisiplinan. Kamu bisa meminta anak agar mau merawat hewan peliharaannya, misal mereka wajib memberi makan pada ikan di akuarium.

3. Jangan Mudah Putus Asa
Saat Gil akan membebaskan diri ternyata banyak rintangan yang harus dihadapi. Tapi Gil dan ikan lainnya memiliki tekad dan tidak mudah menyerah. Akhirnya Gil dan teman-teman menemukan kebebasan. Saat menonton film Finding Nemo, dampingi anak agar kamu bisa memberitukan tentang nilai positif agar anak tidak mudah menyerah dan mau terus berusaha maksimal untuk mencapai tujuan.

4. Kekuatan Persahabatan
Hubungan antara Marlin dan Dory bisa dijadikan contoh bahwa anak belajar untuk menghargai sebuah arti persahabatan. Baik Marlin maupun Dory saling membantu dan tidak berkeinginan untuk membiarkan salah satu dari mereka sendirian saja. Melalui adegan yang dilakukan oleh Marlin dan Dory, ibu bisa menanamkan arti persahabatan kepada anak dan bagaimana anak bersikap baik kepada teman-temannya.

5. Patuh Kepada Orangtua
Film Finding Nemo menceritakan petualangan seekor ikan bernama Nemo yang tidak mau mendengarkan perkataan ayahnya. Ketika ayahnya melarang Nemo untuk tidak main terlalu jauh dan mendekati perahu, Nemo tidak mendengarkan nasihat ayahnya. Akibatnya Nemo pun terbawa jaring nelayan saat itu. Pesan moral yang ingin disampaikan kepada anak adalah agar patuh, mendengarkan perkataan orangtua.

6. Belajar Team Work
Memasuki dunia sekolah, anak akan belajar untuk bisa bekerja sama  dalam tim bersama dengan teman-temannya. Ibu bisa mulai mengajarkan dengan mengajak anak menonton film Finding Nemo. Karena banyak adegan dalam film tersebut yang menampilkan bentuk kerjasama dengan berbagai karakter teman yang ada. Anak mandiri memang baik namun ada beberapa anak diajarkan untuk tidak egois namun bisa bekerja sama dalam tim untuk sebuah tujuan.

7. Menghargai Perbedaan
Salah satu adegan yang cukup mengharukan adalah ketika Nemo pertama kali bertemu dengan teman barunya, Pearl. Saat itu Pearl malu dengan kondisi tubuhnya yang memiliki tentakel pendek. Namun, Nemo tidak membuat Pearl minder tetapi sebaliknya tetap mau bersahabat dengan Pearl. Begitu juga dengan anak, ibu bisa mengingatkan anak-anak bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan. Ajarkan anak untuk bisa menghargai perbedaan baik fisik maupun materi dengan mengajarkan anak untuk tidak memilih-milih teman bermain.

8. Kekurangan Jangan Jadi Hambatan
Nemo lahir dengan sirip kecil tapi tidak membuat Nemo putus asa untuk bisa kembali bersama ayahnya. Meski memiliki kekurangan dengan siripnya yang kecil sehingga membuat Nemo tidak bisa berenang cepat, tetapi Nemo tetap berusaha keras. Jadi ibu bisa mengatakan pada anak, bahwa kekurangan fisik tidak menjadi penghalang atau hambatan untuk anak bisa berprestasi. Misal saja kalau anak bertubuh mungil tapi bukan artinya anak tidak bisa menjadi pelari tercepat di sekolahnya. Asalkan giat berlatih dan berusaha maka anak bisa berprestasi.



*Sumber : dari berbagai artikel

signature

0 reflection:

Post a Comment