Saturday, May 30, 2015

Taman Mangrove Angke

Berbatasan dengan tanggul kawasan Pantai Indah Kapuk ke arah suaka margasatwa sebagian besar digenangi air, sehingga tumbuhan di kawasan ini merupakan vegetasi rawa yang langsung terkena pengaruh pasang surut air laut. pohon Pidada atau Bidara (Sonneratia alba) merupakan jenis yang sering dijumpai selain Api-api(Avicenia marina), Jangkar (Bruguiera sp), Api-api (Rhizopora sp), Waru laut (Thespesia populnea), Buta-buta (Ezcoecaria agallocha), Nipah (Nypa fruticans) dan Ketapang (Terminalia catapa), luas Suaka Margasatwa Muara Angke pada tahun 2012 adalah 25,02 Ha, sama dengan tahun 2011.
Suaka margasatwa Muara Angke ditetapkan sebagai kawasan hutan mangrove yang seharusnya didominasi oleh pohon, namun kondisinya saat ini merupakan lahan rawa terbuka yang didominasi oleh herba seperti Warakas (Acrostichum aureum) dan Seruni (Wedelia biflora). Salah satu keunikan ekosistem khas mangrove di kawasan Muara Angke adalah adanya tumbuhan rotan (Calamus sp) yang spesifik. Keberadaan pohon relatif sporadis. Pada lahan rawa terbuka tumbuh vegetasi bukan spesifik penghuni hutan mangrove seperti Gelagah (Saccharum spontaneum), Putri malu (Mimosa pudica), Talas lompong (Colocasia sp), dan Kangkung (Ipomoea sp).Tumbuhan di atas merupakan tumbuhan yang hidup pada kondisi bukan payau. Pada tabel dibawah dapat dilihat jenis vegetasi di Kawasan Hutan Lindung dan Fauna yang Dilindungi di Muara Angke 

Hari ini, saya dan teman-teman Ruang Belajar 2 Indonesia Mengajar berjelajah ke salah satu sudut kota Jakarta yaitu Taman Mangrove Angke. Fungsi biologi kawasan mangrove adalah sebagai berikut.
  1. Sebagai penghasil bahan pelapukan yang merupakan sumber makanan penting bagi invertebrata kecil pemakan bahan pelapukan (detritus), yang kemudian berperan sebagai sumber makanan bagi hewan yang lebih besar.
  2. Sebagai kawasan pemijah atau asuhan (nurse?), ground) bagi udang, ikan, kepiting, kerang, dan sebagainya, yang setelah dewasa akan kembali ke lepas pantai.
  3. Sebagai kawasan untuk berlindung, bersarang, serta berkembang biak bagi burung dan satwa lain.
  4. Sebagai sumber plasma nutfah dan sumber genetika.
  5. Sebagai habitat alami bagi berbagai jenis biota darat dan laut lainnya.

Transportasi ke Taman Mangrove Muara Angke : Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB) Pantai Indah Kapuk (PIK) – Monas
dengan rute Pantai Indah Kapuk (PIK) – Muara Angke – Muara Karang – Pluit – Penjaringan – (Jembatan Tiga – Bandengan) – Pakin – Gedong Panjang – Kota – Harmoni – Monumen Nasional (Monas) – (Balai Kota – Gambir – Tugu Tani).


Lokasi recommended untuk pecinta selfie atau fotografi, pre-wedding dan belajar mengenai mangrove.


Artikel Terkait :
  1. Definisi Mangrove
  2. Fungsi dan Manfaat Mangrove

Pustaka :
http://bplhd.jakarta.go.id/slhd2012/Docs/Lap_SLHD/Lap_2B.htm

0 reflection:

Post a Comment