Friday, January 20, 2012

Seperempat abad

Tak sengaja aku menemukan file film “one liters of tear” drama dari  jepang yang tenar pada tahun 2007. Aku menonton ulang drama tersebut, membuatku terharu. Film ini berasal dari sebuah kisah nyata seorang wanita bernama Kito Aya.  Saat berusia 15 tahun, dokter memvonis Aya menderita suatu penyakit yg tidak dapat disembuhkan, Spinocerebellar Ataxia. Penyakit ini menyerang otak kecil sehingga kelak penderitanya akan mengalami gangguan keseimbangan tubuh yang secara perlahan menyebabkan kelumpuhan, kesulitan berbicara, dan kesulitan menelan.

Semasa hidupnya, Aya hanya memiliki satu impian yaitu tetap hidup. Keluarga, teman, serta orang-orang terdekat selalu memberikan semangat kepada dirinya. Penyakit yg semakin lama semakin menggerogoti tubuhnya tidak membuat Aya berkecil hati. Justru dengan penyakit inilah Aya semakin terpacu untuk menolong orang lain meskipun dengan kondisi fisik yg terbatas.

Aya meninggal pada usia 25 tahun. Kurang lebih selama 10 tahun dirinya menderita akibat Spinocerebellar Ataxia. Semangat pantang menyerah serta semangat hidupnya kini dijadikan sebagai sumber inspirasi bagi orang banyak

Pada usia 25 tahun, Aya mampu memberikan sesuatu bagi orang lain. Di umur yang sama, aku merenungi, apa yang telah aku lakukan ?? Tiga hari lagi, umurku genap 25 tahun. Aku masih diberikan kehidupan, kesehatan dan kebahagian. Di luar sana, di usia yang sama, mereka berjuang untuk tetap hidup dan bermakna pada orang disekitarnya.

It's said that there is a smile
On the opposite side of sadness

It's said that there is a smile
On the opposite side of sadness
Up ahead from where I'm going to arrive at
Just what is it that's waiting for me?

I should have set off, not to run away
But to chase my dreams, back on that far off summer day

If I could have even seen what tomorrow would be like, I wouldn't have been able to breathe
So now I move forward
In order to go against the current, like a boat

It's said that happiness waits
In places that have been consumed by sadness
I'm still searching for
A sunflower at the end of the season

If I clench my fists, and wait for the morning sun to come
After my finger nails became bloody, my tears would fall

If I've grown used to being lonely
By the moonlight
I'll fly away with my featherless wings
I'll move futhur on ahead

If a rain cloud bursts
Then the wet road will sparkle
That's what the darkness tells me
The strong, strong light
I'll move forward, and be strong
(translation of only human song)

Apa makna ulang tahun bagi orang-orang disekitarku ?
Teman-temanku selalu menagih acara “makan-makan”.
Kedua orang tua ku selalu mengucapkan doa yang istimewa untukku.
Sahabat-sahabatku menuliskan doa-doa yang terkirim di wall facebook dan sms.
Terkadang mereka berusaha melemparkan telur dan tepung untukku.

Aku tidak ingin apa-apa,, aku hanya ingin sedikit perhatian, doa dan kasih sayang mereka untukku. Tanpa mereka aku merasa sendiri...

Umurku berkurang satu tahun di dunia, aku tak punya banyak waktu. Aku harus terus berlari untuk menggapai mimpiku.

Untuk seseorang yang aku tunggu,
Terkadang aku selalu pesimis, mungkinkah aku? bisa kah aku? Hingga pada akhirnya aku menyerah, bukan... bukan menyerah pada kondisi. Aku menyerahkan semua urusanku pada Sang Penciptaku. Aku tak bisa menatapmu, aku tak bisa mendengar suara mu, aku tak bisa mengetahui setiap hal yang kamu lakukan. Tetapi, Aku bisa melihat kebahagiaanmu ketika kamu mulai menuliskan sesuatu hal, aku bisa melihat sedikit kekhawatiran dari ungkapan2 mu dan aku bisa melihat perhatianmu dari kata-kata yang kau rangkai. Tak akan aku menyerah dan tak akan kubiarkan rasa lelahku untuk menggagalkan impianku.
Arata na sekai no iriguchi ni tachi
Kidzuita koto wa hitori ja nai tte koto

Standing at a new world's entrance,
I now notice that I'm not alone.   

Teruntuk Keluarga ku,
Bahagianya aku memiliki kalian. Rasanya baru tahun kemarin, aku merasakan pelukan kalian di saat umurku berkurang. Seperti tahun-tahun sebelumnya, tanpa peluk dan cium dari kedua orang tua ku. Tapi esok, 3 hari lagi, tanpa kehadiran kalian, tak mengurangi rasa sayang dari kalian. Aku mencintaimu ^_^



signature

0 reflection:

Post a Comment