Tuesday, July 23, 2019

Tentang Belajar

There is no end to education. It is not that you read a book, pass an examination, and finish with education. The whole of life, from the moment you are born to the moment you die, is a process of learning.(Jiddu Krishnamurti)



Aku pernah bermimpi menjadi seorang dosen ataupun Pegawai Negeri Sipil. Berkali-kali aku mencoba dan sering kali gagal. Kecewa itu pasti, tapi percayalah Tuhan memberikan yang terbaik. Aku diberikan tantangan yang berbeda setiap harinya, kadang menguji iman.

Berpergian ke LN atau hang out dg kolega dari mancanegara, bukan suatu kebanggaan yang mutlak. Tapi, bagaimana kamu bisa memilih makanan halal dan menyisihkan waktu untuk Sholat? Mereka menghargai agamaku, sehingga mereka memilihkanku makanan halal dan memberi ruang untuk ibadah.

Langkah kecil dari mimpi-mimpiku baru saja dimulai, sebuah pelatihan oleh orang luar biasa. Belum terwujud kuliah di University of Stirling, sementara ini merasakan di Training oleh dosennya dulu. Bertukar cerita tentang impian, semoga ada secercah jalan untuk menuju ke sana...

Dengan mengkuti pelatihan ini, bukan berarti selesai sudah urusannya. Kami harus melewati namanya ujian tulis dan ujian prakteknya. Setelah itu ujian kehidupan menanti dengan perbedaan situasi, dan tipe orang yang dihadapi. Menarik. Jangan pernah berhenti belajar...

0 reflection:

Post a Comment