Saturday, October 26, 2013

Tentang Marketing

Pemateri: Pak Darma dan Pak Bakar Serta Bu Ammur.

Marketing ya, ada beberapa metode marketing. Tp secara global dibagi 2 : online marketing dan offline marketing
Online marketing spt : all TV media, radio, internet, TV tron dll
Offline marketing spt : pasang stiker di mobil, koran, majalah,
Brosur jg masuk dlm offline

marketing mana yg efektif saat ini pak bakar? and yg murah buat pemula.?
Kl saya, mengunakan 2 metode diatas, online marketing yg murah bisa numpang via internet marketing, yg skr byk orang lakukan via facebook, tweeter, blog, komen blog, dll
untuk offline, biasanya via brosur, x-banner, spanduk..itu yg murah
Paling murah adalah kerjasama marketing, contohnya. BRItama dengan hadiah mercedes nya

Kl mercedes promo sendiri blm tentu laku banyak, krn dikolaborasikan dengan pihak bank, jd mercedes gk perlu keluar biaya, bahkan market jualnya naik dan tersebar diseluruh cabang BRI. Suatu penghematan yg luar biasa bukan
Bagi yg sudah melakukan online marketing via internet, pastikan anda pasang menu download brosur disana, fungsinya adalah untuk customer lebih tau product tanpa harus online terus
Kl yg anda jual adalah produk sendiri dan pasang brosur baik di internet maupun offline, pastikan anda mencantumkan nama dan no tlp yg bisa dihubungi
Kebanyakan kesalahan yg terjadi adlah produk dikenal oleh customer, dan customer tau, tp customer tidak tau mau menghubungi siapa untuk beli produk tsb

Jangan lupa juga masuk ke yellow page, survey membuktikan, 35% orang mencari informasi disana
web atau blog sebaiknya wajib dibuat intinya agar orang lebih percaya ama usaha kita...saat ini kalau usaha nggak ada web atau blognya, kesannya masih amatiran and susah dipercya
Web sangat penting, spt diungkapkan oleh bli darma.

Saya kenal byk pengusaha dan bisnisnya sukses tp gk punya web, ternyata saat saya pelajari. Mereka adalah pengusaha closed user, artinya pasar dan market mereka hanya krn pertemanan saja, sehingga tidak perlu orang lain untuk mengetahui usahanya
Kelemahannya adalah, pasarnya sangat terbatas sekali
Ada juga anti marketing, tp justru ini akan menjadi pembicaraan orang
Siapa yg udah melakukan anti marketing ini ??? Kaos joger
Dia menjelek-jelekkan produknya sendiri "bali bagus, joger jelek"
"Businness is not profit oriented, but happiness oriented" itulah doktrin mereka
pengalaman saya...pesan kepada yg buatin web atau blog agar google positioning untuk "keyword" yg kita pesan. Jadi saat orang ketik misalnya usaha : ikan bakar bali...yang muncul di halaman 1 google salah satunya web kita...
Metode marketing joger bertolak belakang sama 99% pengusaha laiinya. Krn dia lebih memilih anti marketing. Tp...omset yg dia peroleh sangat luar biasa..joger buka jam 9, antrian sudah ada dari jam 8 dan panjang sekali
Jika mau marketing murah, via internet marketing aja..dengan teknik SEO dan SEM, tp percayalah..semua tidak ada yg instant. Aku udah coba itu. Sempet web pribadiku dl menduduki no 1 di search engine google dengan keyword "belajar ilmu komputer" bahkan bs mengalahkan ilmukomputer.com

setuju pak bakar...tapi kalau usaha kita udah makin dikenal, otomatis dia akan bertahan posisi halaman 1, karena udah mulai banyak yg mengunjungi. Jadi kita harus pinter2 memilih keyword yang kira2 banyak dipilih orang
Kebanyakan marketing memilih 2 aliran, yaitu :
1. Aliran mengingatkan
2. Aliran menawarkan
misalnya : search di google dengan keyword : klinik kecantikan bali (klinik saya masuk di halaman 1...nggak harus yg no 1 dihalaman itu)...teknis ini cukup membantu orang memilih klinik saya di bali, karena orang yg baru pindah daerah pasti bingung mau perawatan di mana, and mbah google adalah yang paling dipercaya dengan keyword2 yang kira2 mereka ketik

o iya, untuk awal, kita juga bisa beriklan di kaskus...dulu saya pernah coba, karena kaskus pengunjungnya banyak...saat orang search keyword tertentu akan nyambungnya ke iklan kita di kaskus
Aliran mengingatkan ato branding sering kali membutuhkan biaya iklan yg sangat besar dan tidak menghasilkan penjualan, krn hanya bersifat mengingatkan.

Extrajoss contohnya, dia selalu mengingatkan para customernya. Jd kl gk diingatkan penjualan akan menurun, sehingga extrajoss pasang iklan dan marketing yg sangat luar biasa untuk mendongkrak produknya
Berbeda dengan aliran menawarkan, seperti beli 1 gratis 2 (ini terjadi di matahari saat lebaran kemaren). Saya beli 1 celana anak, gratisnya 2 celana dengan branded yg sama. Kl aliran mengingatkan gk bs diukur ato dibandingkan dengan hasil penjualannya, tp kl aliran menawarkan sangat bs diukur dengan hasil penjualannya.

o iya, sedikit tambahan, kalau iklan jangan pernah "bohong" atau ribet dengan syarat2 tertentu...kayak iklan2 operator telpon...buat promo diskon yg "sederhana" and nggak pakai syarat khusus.
Semakin yg ditawarkan berhasil, maka langkah itupula yg dilakukan untuk terus melakukan marketing
Enaknya "menawarkan", biaya marketing yg dikeluarkan bs unlimited" karena setiap penawaran bisa mengasikan keuntungan berlipat ganda.

Semakin besar marketing "menawarkan" semakin besar pula keuntungannya
Order cepat misalnya, saat pameran biasanya kita menjumpai bahwa harga hanya berlaku di pameran, beli motor gratiss helm, toolskit dan jas hujan. Ini adalah suatu penawaran dan kerjasama antara 3 produk tsb
Apa mereka merugi ??? Tidak sama sekali bahkan untung

Krn para customer seolah-olah dihipnotis dengan hadiah-2x tadi, dan terjadilah penjualan yg sangat banyak
iklan paling murah dan efektif dari mulut ke mulut...jadi buatlah promo member get member, berikan after sales service yg terbaik (kalau hanya jual tanpa tanggung jawab akan mudah ditinggalkan konsumen), berikan kesan yg bagus saat konsumen berkunjung, berikan sentuhan2 "emosional" agar ada kedekatan dengan pelanggan
Perlu diingat, jika kita beli barang dari pabrik ato maker, dalam jumlah banyak, harga akan semakin murah.
Member get member yg diutarakan bli darma adalah "penawaran" jd sangat efektif sekali buat marketing

o iya, dalam buat promo atau iklan harus tepat "materi" dengan target market yg akan dibidik...perjelas siapa target kita, pelajari kebiasaan mereka, and cari metode marketing yg paling cocok.
Hal yang paling penting dalam BISNIS bukan kantor, peralatan canggih, produk ato jasa, tp yg terpenting adalah PENAWARAN, bisnis tidak akan tercipta tanpa adanya PENAWARAN
ooo itu tergolong penawaran ya? makasi tambahannya pak bakar.....maklum saya nggak pernah belajar teori bisnis, cuman ATM...amati, tiru, modifikasi dari usaha lain..
So...ikan lele, nila, kopi, ternak, dll...mulailah dengan penawaran yg sangat menarik, baik ke partners anda maupun ke customer anda, bisa dipastikan BISNIS akan tercipta

Bli darma dengan produk kecantikannya sangat luar biasa, yg perlu ditingkatkan adalah PENAWARAN, list harga yg murah bukan suatu penawaran yg menarik, bs jd customer akan beranggapan itu adalah harga yg biasa dan mungkin mahal

Penawaran yg baik adalah, saat customer dan partners anda tidak bisa menolak dengan tawaran anda, meskipun harga anda lebih tinggi
Mantapp pak bakar, ayoo buat penawaran, and yg paling gampang, teknis penawaran gimana yg bagus adalah dengan memodifikasi kompetitor atau bisa juga ide usaha sejenis di kota lain, kita terapkan di kota kita...walau mungkin bidang usahanya nggak persis sama...buka wawasan, "ilmu" banyak ada di jalanan...kita jangan hanya jadi korban iklan, tapi kita belajar dari iklan orang lain

Kl anda tidak tau cara menawarkan yg baik, langkah awal adalah kumpulkan 3 kompetitor produk anda, dan catat semua kebaikan dan kelebihan produk tersebut. Setelah itu buatlah penawaran terhadap produk anda yg isinya semua kebaikan produk 3 kompetitor yg ada

Harga murah kalau tanpa branding yg bagus memang nggak bisa diterima pasar pak...contoh : adam air, walau tiket murah nggak ada yg berani naik karena kesannya murahan and resiko. Tapi beda dengan air asia, tiker murah tapi dia menunjukkan branding bahwa dia adalah "perusahaan besar" caranya dengan jadi sponsor tim sepak bola dunia atau formula 1...

Hal yg paling gampang adalah, menawarkan FUNGSI dibanding dengan hal-2x lainnya.
Kenapa produk cina cepat masuk dan berkemabang pesat ??? Apa krn harga murah ??? Saya rasa tidak..tp krn mereka bisa menyentuh customer lewat FUNGSI produk tsb
seperti ajaran uceo : buatlah nilai tambah (coba direview materi uceo)...nilai tambah dari segi fungsi, bentuk, atau bahkan dengan menambahkan "kebanggaan" seperti contoh kaos " I love Bali", dll
- 100% money back guarantee dalam 30 hari
- rusak, langsung ganti
Adalah usaha untuk menawarkan dan bentuk dari menawarkan
Dengan menawarkan, dan bukan mengingatkan barang kita akan lebih laku dipasaran
produk cina bukan cuman fungsi kayaknya pak : kualitas barang sekarang sudah lebih bagus, and nggak mudah rusak.

Tentunya apa yg ada tawarkan harus memiliki nilai tambah, spt kata pak Ci
Kualitas itu berhubungan dengan fungsi
mari kita beri tambah dari usaha-usaha kita...buat penawaran semaksimal mungkin...seperti ajaran pak, agar orang tidak bisa bilang tidak...Misalnya : tempe rainbow, warna udah menarik, bisa ditambah bentuk menarik, rasa enak, selain itu bisa ditambah faktor kemudahan : misalnya sistem pesan antar/delivery gratis, harga murah, and garansi akan kualitasnya

ooo kualitas itu fungsi juga ya? hehehee
mari coba renungkan "usaha" anda...atau ada yg mau jadi studi kasus???
kasus kadang lebih mudah diserap materinya
untuk memberi nilai tambah kadang "perlu keahlian kita"...makanya pak ci selalu menekankan "profesionalisme"...saya yakin kalau pak ci bukan seorang arsitek belum tentu bisa jadi developer yg sukses.
sekedar tambahan aja seadanya dari saya berdasar pengalaman....o iya, bagi yg belum pernah baca, teori "new wave marketing" hermawan kertajaya bagus untuk dibaca sesuai kondisi saat ini...karena memang masyarakat saat ini sedang berubah berkat adanya "dunia online"
Dan di tujukan ke siapa
Bagaimana sebaiknya cara menawarkan produk/ jasa yang susah sekali lakunya ? ( duet)
Bs spesifik produknya apa, biar bs mengena
Contoh produk baju
Baju biasa buatan dari start up
Baju harusnya sangat mudah dipasarkan
Tapi belum punya merek pak dan belum di kenal banyak orang
Ada pembedanya dgn produk lain?
Buat penawaran yg susah ditolak sama customer pak, contohnya :
- beli 1 gratis 1
- discount 50% untuk hari ini aja
- 10 reseller pertama dapat discount 40%
Buat start up,yg gampang aja,,saya pernah buat kaos gambar komodo tapi ga laku
Spt yg saya bilang tdi pak, buatlah list kelebihan dari 3 kompetitor utama, jadikan kelebihan-2x itu menjadi penawaran produk bapak
Pak Biyoo: Baju =? Tshirt? Kemeja? Dress? Blouse? Daster? Pasti ada target marketnya
Biasa produk paling laris selain sembako: 1. FASHION ke 2: Produk Baby
Jd harusnya ga susah2 banget...
:) coba giring produk ke para wanita ... Para pembelanja .
Bersambung,

Ada konsep 4P vs 4C = 4V
Konsep ini dibawakan oleh Stanley (owner wearfable.com)
4P , P ke 1= Price vs C ke 1 = Cost. Price vs Cost = V ke 1 = Value
P ke 1= Product vs C ke 1 = Customer = Validity
Product vs Customer =Validity Maksutnya = What do u sell? Apa yg dijual? Kira2 kenapa orang2 membeli Produk kita? Customernya itu siapa? Jadi harus matching antara Product dan Customer
P ke 2 Price vs C ke 2 Cost = Value. How much is your price?  Will your customer buy it? Is it worth the price?
P ke 3 = Promotion vs C ke 3 Communication = Vogue

Spt td pak Bakar bilang, Discount, sale, buy 1 get 1 dll itu Promotion. Lalu bagaimana gaya mengkomunikasikannya? What is the communication style?
Jgn lupakan Design Effect /visualisasi
Trus relevant nggak? Antara produk dgn customernya?
Di sini ada catatan khusus: Brand Equity <--- asosiasi yg diciptakan saat kita beriklan itu kira2 matching nggak dgn apa yg ditangkap oleh calon customer kita?
Kadang2 kan kita 'teriak2 promo' tp kok tetap sepi? Misal jualan bedak di sekolah SD..... Walau banyak ibu2 yg nunggu anak2 sd tp masih kurang maksimum
Lalu P yg ke 4 = Place vs Convenience = Venue.
Lokasi juga sangat menentukan laku tidak lakunya produk :-)

Kalau mau jualan Kemeja Pria, cari group2 otomotif anak2 muda yg suka modifikasi... :-) kebanyakan cowok... Kans lbh besar utk dibeli
Itu saja tambahan dari saya, tp itu tadi 4P + 4C = 4V dari Stanley yg punya wearfable :-) masih muda banget baru 20an awal usianya, tp ilmu marketingnya tinggi. Makasih Pak Bu :)
Skrg lg musim: KPK, Korupsi, U19, dll
Bikin kaos: "U19 is my age!!"
Atau Kemeja Body Fitted jual warna Hitam Polos, Biru Tua, Abu2 tua, Ungu Tua pasti dibeli :D tp dikasih sentuhan garis distro.

0 reflection:

Post a Comment